12 Maret 2012

Selayang Pandang


sumber : dodonjerry.blogspot.com
 San Keuw Jong atau yang lebih dikenal dengan nama Singkawang ini terletak di pesisir pantai utara Kalbar dan berjarak ± 147 km dari Pontianak, ibukotanya propinsi KalBar. Kota ini memiliki luas ± 50.400 ha, yang terbagi menjadi 5 kecamatan meliputi 26 kelurahan.

Secara geografi singkawang terletak pada posisi antara 1080 52’ 14,19’’ sampai dengan 1090 09’ 44,22 ’’ Bujur Timur dan 000 44’ 57,57’’ sampai dengan 010 00’ 48,65’’ Lintang Utara. Dengan batas wilayah, di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Sambas, sebelah barat berbatasan dengan laut Natuna, sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Kabupaten Bengkayang.

sumber : panggih15.wordpress.com
Cina, Dayak dan Melayu atau yang biasa disingkat “Cidayu” ini merupakan tiga etnis terbesar di Kota Singkawang. Tidak hanya tiga suku tadi, ada juga suku-suku lainnya yang hidup secara berdampingan dan harmonis. Keanekaragaman dan budaya ini memberikan warna tersendiri dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi ciri dan daya tarik tersendiri bagi Kota Singkawang. Terdapat berbagai pesona budaya yang dapat dinikmati dari masing-masing etnis yang ada.

Kota yang satu ini juga memiliki banyak julukan, baik dari masyarakatnya dan para pelancong, seperti Kota Amoi, Kota Seribu Kelenteng, Kota TASBIH, dan Hongkong van Borneo.

singkawangkota.go.id

Kota yang letaknya dipesisir pantai dan dikelilingi oleh gunung-gunung ini memberikan kesan dan keindahan alam tersendiri. Dengan posisi letaknya yang demikian menjadikan Kota Singkawang banyak menyimpan objek-objek wisata menarik dan berpotensi untuk dikembangkan serta memberikan peluang investasi bagi para investor khususnya dalam bidang perhotelan, transportasi, restoran, resort serta pengembangan sarana prasarana pendukung wisata lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar